The Reality, They Are Still On The Streets



Sangat menarik ketika kita membaca beberapa artikel pemberitaan mengenai rencana penarikan anak jalanan dari jalanan. Bahkan baru-baru ini kembali direncanakan Kemenakertrans mematok target akan mengembalikan 10.750 anak jalanan ke sekolah.
Rencana tersebut tentunya akan dibarengi dengan anggaran dalam implementasinya, akan tetapi apakah implementasi yang nantinya dijalankan akan mampu menarik anak-anak ini.
Tentunya kita tahu bahwa sangat banyak program-program untuk mengatasi permasalahan ini, baik yang disusun oleh pemerintah maupun beberapa lembaga independent yang bahkan mampu meraup bantuan dana dari lembaga-lembaga luar negeri. Hasilnya masih dipertanyakan.
Setiap tahun anak jalanan semakin meningkat, padahal rencana program penanggulangan yang didukung dana baik oleh pemerintah maupun NGO asing sudah sangat banyak baik itu oleh elemen perintah itu sendiri maupun oleh Lembaga Independen seperti LSM.
Mari berpikiran positif dengan berasumsi bahwa program-program yang dijalankan tersebut memang benar-benar dijalakan dan tidak ada maksud untuk kepentingan pribadi apalagi korupsi berjamaah. Maka yang jadi pertanyaan adalah apakah program yang telah ada itu sudah tepat untuk sebuah perencanaan penanganan anak jalanan, atau programnya hanya sebatas bantuan sosial agar anak-anak jalanan dapat bertahan hidup? tetapi tetap menjadi anak jalanan.
Apa yang sebenarnya menjadi permasalahan ketika programnya telah disusun dengan perencanaan bahkan melibatkan para ahli dibidangnya serta didukung dengan pendanaan, tetapi anak-anak jalanan masih dijananan ?
Saat ini, penulis secara pribadi mengambil kesimpulan bahwa, Anak-anak jalanan ini memang sengaja dibiarkan dijalanan dengan program-program bantuan sosial untuk kebutuhan hidup agar tetap bertahan hidup tetapi tidak ada niat untuk menarik mereka dari jalanan, karena jika mereka tidak lagi dijalanan maka akan ada ratusan program penarikan, penanganan, pemberantasan anak jalanan tidak lagi mendapatkan sokongan dana untuk tahun berikutnya. Akan banyak lembaga-lembaga yang bergerak dibidang penanganan anak jalanan harus tutup buku dan ratusan proposal programnya akan dibuang ke tong sampah-tong sampah terdekat.
Share on :
 
© Copyright We Are Not Alone 2012 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Modified by Pirates Kidz